Dinas Lingkungan Hidup Cimahi H.Ronny Yang Supel, Mengadakan Sosialisasi Kepada Masyarakat

 

DINAS LINGKUNGAN HIDUP CIMAHI H.RONNY. YANG SUPEL. MENGADAKAN SOSIALISASI KEPADA MASYARAKAT.

CIMAHI: SILPOST.: Dinas Lingkungan Hidup terkait dengan konservasi. Telah mengadakan sosialisasi kepada masyarakat cimahi. bertempat di aula gedung Pemkot Cimahi.pada hari Rabu 27/11/19 Sambutan Kadis LH. H.Ronny. Yang selalu murah senyum dan supel. Bapak Ibu sekalian yang saya hormati. Alhamdulillah kita bisa kali kedua dalam rapat tetap semangat ya. Meskipun ini jangan ngantuk lagi kalau sudah tapi kalau udah pasti enggak lah ya Nggak ada kok nggak ngantuk lagi baik sesuai dengan pembicaraan terdahulu bahwa hari ini kita akan membahas rancangan teknis rencana teknis terkait dengan rencana penanaman GNP dalam rangka gerakan nasional pengendalian Das Citarum bahwa lokasi lokasi telah di lakukan kemarin ada 10 dan bagaimana rencana lokasi tanah?
sama wartawan menyampaikan tugas tersebut ke Lemhanas kegiatan-kegiatan lain Jadi kemungkinannya di tanggal 20 desember atau 17 Desember Walikota menyampaikan dari tadi malam tanggal 24 jangan terlalu mundur itu ke akhir tahun 17 W jadi jawaban yang agak mantab Di 17 sudah terjadi kita coba patok d17 Bu Kadir nanti di koordinasikan dengan nya jadi tanggal 17 hari Selasa ya 20 hari Jumat itu tandanya 6/12 / 20 gitu ya hari Jumat kan itu Kalau hari Jumat Eh katanya hari pendek pertama tidak jadi pekerjaan biar cepat selesai itu ya mungkin atau bisa dipastikan dengan 17 Desember dengan demikian apa yang kita rencanakan atau secara teknis disampaikan bahwa lubang tanam yaitu 12 hari ini kita bisa lebih leluasa apa yang secara teknis disampaikan ini bisa dilaksanakan pada kesempatan ini harus dibahas juga teknis acara apakah pada tanggal 17 itu akan masing-masing bekerja di lokasi nya masing-masing sekarang dibuat lubang tanam setelah 12 hari masing-masing menanam pada saat pencanangan nya semua bergabung gitu seperti itu atau tidak mengurangi tugas Jadi nanti pas pencanangan kita sudah melaksanakan penanaman dan itu dimasukkan dalam laporan semua bisa bergabung, Pak Walikota inginnya di lokasi a kebetulan dapatnya di atas Misalnya komunitas A dan lain sebagainya tidak ikut Nah kalau sudah menanam tapi pada saat lokasi pencanangan semua bisa aja itu kan bisa lebih baik, bahwa tanggal 15 misalnya sudah ditanam oleh komunitas A ya mohon lokasinya di mana nah yang terakhir kali tanggal 17 nya adalah 5 kalau pun ada yang belum selesai nggak untuk penanaman tapi diharapkan semua sebelum 17 sudah selesai semua tinggal kasih pencanangan yang mungkin belum selesai itu yang harus kita bicarakan nanti kesepakatan-kesepakatan nya

sekali lagi apakah nanti akan Tanggal 17 atau sebelum tanggal 17 diselesaikan dan ditinggalkan satu lokasi pencanangan sehingga semua komunitas bergabung di dalam satu lokasi itu saja nanti di akhir barangkali kita bicarakan itu Untuk teknis lokasi dan rencana tekniknya, selanjutnya. Masih di tempat yg sama paparan nya pak Pras, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera. Terima kasih atas waktu dan tempat yang sudah disediakan oleh Bapak Kadis mungkin ada apa ada orang bilang ya penanaman itu mundur jadi kita lebih bisa menyiapkan agak lebih apa matang lagi dalam pelaksanaan penanaman dan ini adalah mulai musim hujan dan tentunya itu pasti banyak sedikit banyak itu. Mengapa memberikan Artinya kita tidak repot untuk menyiram Karena kalau saya lihat rasanya tuh kan ada yang 8.000 ring 7000 paling nol koma 0,03 hektar Jadi kalau yang jadi kalau karena kalau menanam di depan rumah setiap hari ada persoalan tapi kalau ada repot lagi kan tanaman Biasanya kalau itu kan diet Pagi siang sore disiram kalau kurang cuman kelebihan air juga nggak baik juga buat tanaman apalagi dia baru ditanam. Nah terkait tata waktu tadi di sana sudah, bawa tanggal 17 itu mulai kegiatannya dan saya coba akan menyampaikan Bagaimana rancangan teknis itu dibuat sehingga kita bisa 100 orang cukup bekerja jadi apanya itu 8-1 apa kedua ketiga apa sampai kita siap untuk Kemarin saya sampaikan bahwa memang ada syarat-syaratnya pada saat ini tidak boleh langsung ditanam terkait kesamaan tanah tadi sehingga si tanahnya itu sendiri harus bersifat netral baru di dimanfaatkan terkait penyiapan lahan penyiapan lahan itu berkaitan dengan intinya Latinnya dan habitat jadi karena kita itu akan menanam pada suatu lahan tentunya habitatnya juga sebetulnya idealnya sudah rusak, Cocok itu tanahnya apa jadinya ketinggiannya berapa curah hujannya berapa Jadi pada dasarnya dia akan optimal apabila fisiknya itu memenuhi syarat jadi sama seperti kita kalau kita hidup beserta komunitas kita nyaman kita akan bisa berkembang dengan baik, tapi kalau kita tertekan menjadi tidak kreatif dan menjadi bentuk sama seperti itu karena dia juga makhluk hidup yang disebut dengan asosiasi terkait dengan biofisik tadi. AC berdiri

88 lokasi anak harus diukur kita harus tau batasannya karena kalau dilihat di kota ini kan berbatasan sama tanah milik jadi gak sampai menanam di lahan orang lain kalau lahan orang lain dia mengijinkan alhamdulillah, tapi kalau dia tidak ingin menjadi konflik, jadi tidak ada persoalan itu jangka waktunya panjang .usia pohon bisa sampai 10 tahun sampai 80 tahun kalau dia menjadi persoalan filosofi Jadi kalau bahannya kulit tidak kering itu menjadi akan persoalan pada waktu yang akan datang Didasarkan pada kondisi fisik dan kelereng a kelereng dengan dia ada counternya agak berat itu akan berbeda mengenai teknik jalur tanahnya. Kalau dia ngikutin adalah tapi kalau di upgrade kita bisa membuat tarikan sesuai dengan jarak tanam yang dianjurkan pada tanam dirancang tidak terputus Jadi kalau 4 X 3 Ya lebar jalurnya jarak antara jalur 3 setiap jalur jarak antara pohon nya 4 ya

pelaksanaan persiapan itu tadi ada satu yang keluar dan paparkan Ini siapa ada timnya nanti mungkin sama Pak Kadis bentuk mengenai penyiapan lahan ini relatif Ya jumlahnya biasanya itu kalau 5 orang 2 anggota regu bertugas membuat dan membuka Rintisan apa lahan yang memang sudah clear artinya ini tidak perlu dilakukan tapi kalau dia ada beberapa alasan yang banyak sama apa rumput itu 2 anggota regu bertugas membuat acuan memasang ajir pada cabang lubang tanam sepanjang jalur ini

persiapan peralatan Kenapa skalanya itu dibuat 500 karena luas lahannya paling kecil 0,2 hektar Jadi kalau dibuat lebih besar dari itu bisa salah dia tidak akan mengejar jarak tanam 500 berarti 1 cm. Hitunglah keliling 55 meter. 4 M dia bisa masuk Saya dengar ada peta kontur di Cimahi cuman dia skalanya 1 banding 5.000 berarti 1 m nya jarak antar kontur nya itu sekitar 50 meter per meter berarti kalau dia hanya 500 meter dengan lebar 20 meter itu satu dan tidak kelihatan jadi harus langsung ke lapangan persiapan peralatan kerja Parang golok dan sebagainya ada papan tanda dan perlengkapan logistik Saya maunya tiap blok GNP jas itu dikasih Pak ini GNP dan RW berapa 6 Tahun berapa tinggi tanamannya, apa saja terus itu ada dokumentasi rencana kerja membuat peta kerja detil penyiapan lahan ini kalau yang tadi pengukuran itu adalah menentukan batas blog dan luasan kemudian membuat peta kecil yang terkait mengenai jarak tanam adalah berbasis adalah Grid merencanakan jumlah tenaga kerja

Membuat Rintisan jalur tanaman pada setiap ujung jalur diberi tanda itu seperti itu menentukan lokasi lubang tanaman dengan jarak tanam 4 X 3. Jadi jumlah tanaman 34 X 3 itu 4 X 12 M2. 10.000 / 12 M2 kurang lebih 801000 M2 kalau tadi ada 0,3 hektar yang tinggal di perhitungkan saja 0,3 dikalikan 830 pendapatan dalam laporan meliputi nama lokasi Blok GNP dan kemudian jumlah jalur tanam pembuatan rencana jenis dan jumlah tanaman di data Jadi ada nama lokasi Blok jumlah jalur itu ada, dan ada laporannya rencana jenis dan jumlah tanaman jumlah yang kerja buku register diisi setiap hari ini kalau nanti kita berkegiatan mana itu kurang lebih atau kejahatan itu tiga hari setiap kegiatan yang perlu dicatat nanti kelihatan kemajuannya seperti ada dan evaluasi pekerjaan satuan unit kerja nya panahan laporan kegiatan dan tata kerja penyiapan lahan untuk memberikan informasi lengkap. bisa jadi yang menyiapkan lahan itu bukan orang yang menang tapi ada kelompok lain kalau datanya lengkap dia akan menjadi informasi itu nanti di lapangan kebutuhan dan peralatan-peralatan yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan yang meliputi bahan peralatan serta tenaga kerja sebagaimana 1 ini begini Ini terkait penyiapan lahan kebutuhannya adalah berapa batang paparnya Jadi kalau tadi ada 10 atau 88

pokoknya berapa KG itu awal kanan berarti kompos jadi jangan pakai NPK kalau panas bibit berapa kata itu ada kebutuhan penanaman berarti istilahnya kalau kita mulai dengan penanaman pada

pelaksanaan melakukan distribusi Bukit membersihkan dan menggali lubang yang telah ditanam di tandai akhir kemudian melakukan pencatatan ada nama lokasi Blok jumlah tanam Rencana dan Realisasi distribusi Bukit pada blog

Yang ditunjuk oleh apa? Cluster itu
batas aja satu dari kiri bawah 1 bawah 20 sampai ke arah timur air yang pinggir-pinggir saja aku mau dia nanti satu orang kalau ada kompas arah nya 0 derajat ke arah utara yang Kompas

jalur-jalur awal saja itu apakah komunitas nanti akan melakukan apa pengukuran berikut pemasangan air berikutnya kira-kira mekanismenya seperti tapi ingat kalau menggunakan fotonya itu diklik itu nanti muncul yang disebut dengan koordinat koordinat

ini kira-kira seperti ini tadi ada pengadaan air itu kalau titik-titik itu dihitung jumlahnya 60.60.6 apa lobang tanah ada 64 nya cukup 1 blok 1 papan pokoknya kurang lebih itu pupuk itu ada kompos ini kalau NPK ini biasanya kalau kita bagusnya tidak pakai organik pakainya anorganik saja tadi seperti pupuk kandang atau kompos yang kompos itu kurang lebih 1 kilo dikali satu per satu bibit-bibit itu kalau dia ukuran 30 sampai 60 cm cukup satu kilogram atau itu jadi satu banding satu nanti tanahnya 1 kilo 1 kilo kemudian di diadu Obat-obatan gak usah lah nanti ada juga spesifikasi bibit yang baik itu bagaimana ini bibit yang baik itu sebetulnya adalah bibit yang tidak sakit lurus tidak sakit kemudian dia. Jelaskan secara ilmiah begitu jadinya begini kalau dia ada yang disebut dengan pohon induk. kemudian dia sehat akan menghasilkan benih itu sesuai dengan pohon induk parentalnya sama antara satu sama dengan motornya dia tidak perlu dikasih habis segala macam

Sekarang coba untuk muncul itu antisipasi kemarau kita punya, Bu Diah. antisipasi tangkapan air itu perlu dipikirkan. Jadi kita punya waktu 4 bulan kedepan 4 bulan kedepan muda mandiri 2020 itu terpikirkan belum lagi nanti Desember pasti mulai kegiatan baru yang lama harus tetap kita pelihara yang baru juga. Apakah kita akan lanjutkan atau memelihara ini sampai titik tumpu? Kekuatan segitu mah 8-10 ya Yang 2460 itu kan

rencana strategis sekali karena bentuknya memanjang

Baik terima kasih antusiasnya nih RW 8 bagian Cibeber ya komunitasnya Siapa yang RW 8

Ya nanti dibawa ya. Terima kasih, terima kasih nanti di bawah koordinasi itu saya tidak menghitung masyarakat. Percayakan untuk benih atau bibit kita alokasikan dulu untuk kegiatan ini biasanya di pada kasih itu nanti Berapa lubang kanan Nah kita kalau kasihkan dulu untuk ini kita juga sudah melaksanakan Pak Bagus kan duitnya apa pohon buah-buahan ada tingginya udah berapa celsius sekarang bibit ada berapa ribu? 1500 nanti kita coba saya kira bisa dialokasikan lah karena kita tidak tanam 1500 kan ya tidak bisa berhenti ya itu kan kita nanya sendiri ya pasti peliharalah, tapi apa namanya bibitnya tidak atas permintaan sendiri Jadi tergantung lokasi yang tersedia panjang hanya ada garisnya nanti balik lagi.pungkas nya(T60)