PROGRAM P3A DIDUGA KENTAL CAMPUR OKNUM DEWAN

Program P3A Diduga Kental Campur Tangan Oknum Dewan

Tasikmalaya, Silpost-program percepatan peningkatan tata guna air (PT-TGA) adalah program perbaikan irigasi, rehabilitasi, atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh perkumpulan petani pengguna air atau induk perkumpulan petani pengguna air, kelembagaan sejumlah P3A yang bersepakat bekerjasama memanpaatkan air irigasi dan jaringan irigasi pada daerah layanan blok sekunder atau satu daerah irigasi.
Sedangkan pejabat pembuat komitmen (PPK) Adalah pejabat yang diberi kewenangan oleh pengguna anggaran/kuasa pengguna anggaran untuk nengambil keputusan dan tindakan dalam rangka pelaksanaan P3-TGAI direktorat sumber daya air.
Peran serta masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan P3-TGAI dapat diwujudkan dalam bentuk pengaduan ke BBWS.
Namun sangat disayangkan program yang sangat diharapkan oleh petani penggarap sawah menuai kecemburuan kelompok mitra air yang mengajukan program P3A, pasalnyah banyak kelompok mitra air yang mengajukan langsung ke BBWS sudah lama bahkan tahunan belum ada reakisasinya/tidk diakomodir, Akan tetapi yang diusung melalui atau proposal dititipkan pada oknum dewan cepat diakomodir dapat bantuan program P3-TGAI, hal inilah yang menjadi kecemburuan, lebih tercengng lagih satu desa dapat dua program.

Rahmat kelompok pengguna air yang kompirmasi Silpost, kami mengajukan langsung sendiri ke BBWS citanduy tapi sampai saat ini sudah hampir tiga tahun belum juga ada panggilan mapun surpey antah apa alasanyah, jelasnyah

Salah satu kelompok yang dtemui diwilayah kec. gunung tanjung kab Tasikmakaya dia mengakui pada silpost, kami menitipkan proposal pengajuan lewat dewan tiap tahun dapat program, sudah empat kali, kalau masalah komitmen saya tidak bisa mnjelaskan khan semua juga sudah pada tau, akunyah

Dalam hal ini siapakah yang paling berwenang pemangku kebijakan penentu pemenang program P3A, apakah dewan…? apakah PPK atau siapa..? ini pertanyaan publik yang harus dijelaskan supaya tidak bingung dalam pengajuan dengan harapan program ini merata setiap desa dapat jang sampai terjadi seperti saat ini kelompok itu itu sajah yang dapat diduga ketua atau kelompok yang mentitipan pengajuannya kewat oknum dewan, juga program ini Aspirasi dewan atau program siapa liningsektornyah.
EFIN