April 28, 2024

Siliwangi Post

tajam terpercaya

Pemkot Cimahi Berharap Unsur Pimpinan DPRD Segera Terbentuk

2 min read

Pemkot Cimahi Berharap Unsur Pimpinan DPRD Segera Terbentuk

Cimahi, Silpost.: Pemkot Cimahi mengharapkan unsur pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi periode 2019-2024 agar segera terbentuk. Sebab, untuk pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020.

“Kami berharap segera terbentuknya ketua dan wakil ketua DPRD. Mudah-mudahan maksimal sebulan sudah terbentuk,” kata Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Jumat (30/8/2019).

Ngatiaya menjelaskan, keberadaan unsur pimpinan dari mulai Ketua dan Wakil Ketua DPRD hingga Ketua Komisi sangat penting. Sebab, jika tidak segera disahkan, maka akan menghambat pekerjaan yang selama ini sudah menunggu.

Apalagi saat ini pihak DPRD bersama Pemkot Cimahi masih memiliki pekerjaan rumah, seperti pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019 dan APBD Murni 2020.

“Anggaran itu apabila ketua belum ada, belum bisa mengesahkan sehingga lebih cepat lebih baik,” ucapnya.

Menurutnya, kekosongan unsur pimpinan definitif DPRD Kota Cimahi ini jangan dibiarkan terlalu lama. Setelah itu harus segera ada pembentukan Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), dan alat kelengkapan untuk dewan lainnya.

Ngatiyana berharap sinergi antara Pemkot Cimahi dan DPRD Kota Cimahi semakin terjalin denga baik. menurutnya hubungan harmonis ini yang terjalin antara eksekutif dengan legislatif itu sangat dibutuhkan untuk menjalankan program.kerja, Khususnya yang berhubungan dengan masyarakat.

Seperti diketahui, 45 Anggota DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024 baru saja dilantik pada 26 Agustus lalu. Hanya saja, hingga saat ini belum terbentuk unsur pimpinan definitif. DPRD Kota Cimahi dipimpin oleh Pejabat Sementara (Pjs), yakni Wahyu Widyatmoko.

Sekedar informasi, untuk jatah Ketua DPRD Kota Cimahi periode 2019-2024 sendiri menjadi milik Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sedangkan dari tiga Wakil Ketua DPRD yang didapat Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan PDI Perjuangan.

Terpisah, Anggota DPRD Kota Cimahi, Pjs Ketua DPRD Kota Cimahi Wahyu Widyatmoko yang juga politisi PKS, mengatakan setelah pelantikan pihaknya langsung fokus untuk persiapan pemilihan Ketua DPRD definitif serta dari unsur pimpinan.

“Langkah yang diambil sebagai pimpinan sementara memimpin rapat, menyusun rancangan tata tertib DPRD, terus untuk mempersiapkan pelantikan pimpinan definitif,” katanya. (R/T)

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.